Menjemput Kemuliaaan Lewat Sholat Tahajud, Kunci Kebahagiaan di Dunia dan Akhirat

Sholat tahajud, mungkin bagi sebagian dari kita hal tersebut terdengar asing dan sulit untuk dilakukan. Namun, di balik kesulitannya, terdapat sejuta kemulian dan kebahagiaan yang menanti bagi mereka yang istiqomah mengerjakannya. 

Sholat Tahajud, Kunci Kebahagiaan di Dunia dan Akhirat

Sholat Tahajud
Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur sejenak. Berbeda dengan sholat sunnah lainnya, sholat tahajud memiliki kedudukan yang sangat istimewa di mata Allah SWT. Mengutip sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

Sholat terbaik setelah sholat wajib adalah sholat tahajud.

Jadi, meski bukan kewajiban, mengerjakannya akan membuat kita mendapat ridho dan pahala yang besar dari Allah SWT.

Keutamaan Luar Biasa Sholat Tahajud

1. Pintu Menuju Maghfirah

Keutamaan pertama adalah menjadi pintu maghfirah (pengampunan dosa). Diriwayatkan bahwa barangsiapa yang mengerjakan sholat tahajud dengan khusyu', niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya.

2. Beribadah Seperti Para Nabi

Tidak hanya itu, sholat tahajud juga merupakan amalan para Nabi dan orang-orang sholeh terdahulu. Dengan mengerjakannya, berarti kita mengikuti jejak mulia mereka.

3. Jalan Menuju Husnul Khatimah

Salah satu fadhilah luar biasa lainnya adalah mendapat husnul khatimah atau akhir hidup yang baik. Bukankah ini dambaan setiap muslim di akhir hayatnya?

4. Dimuliakan di Akhirat

Allah berjanji akan memuliakan dan mengangkat derajat hamba-Nya yang senantiasa mengerjakan sholat tahajud di akhirat kelak.  

5. Rezeki Melimpah

Yang terakhir, sholat tahajud dipercaya dapat membuka pintu rezeki yang melimpah dari Allah SWT. Rezeki lahir maupun batin akan diberikan kepada mereka yang ikhlas dan istiqomah mengerjakannya.

Penutup

Namun yang perlu diingat sholat tahajud merupakan sholat sunnah. 

Dikutip dari alif.id KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang lebih akrab disapa Gus Baha, sempat menolak ajakan jamaahnya yang menginginkan agar sholat tahajud dilaksanakan secara berjamaah dan dilakukan rutin setiap malam. 

Kyai bersahaja itu beralasan bahwa tahajud merupakan sunnah dan tidak ada kewajiban untuk dikerjakan apalagi secara berjamaah.

Dengan menjelaskan keutamaan ibadah ibadah sunnah lainnya yang memiliki keutamaan tidak kalah tinggi.

sholat tahajud gus baha

Sudah. Tidak perlu macam-macam. Islam ini tidak sulit. Islam itu gampangan. Yang bikin susah sampean-sampean ini

Memang, bangun di tengah malam untuk mengerjakan sholat tahajud tidaklah mudah. 

Namun, dengan melihat sejuta keutamaan di atasnya, tentunya akan semakin menyemangati kita untuk berusaha meraih kemuliaannya. 

Semoga dengan mengamalkan sholat tahajud, baik di dunia maupun akhirat, kita senantiasa mendapatkan kebahagiaan yang hakiki. Aamiin.

Post a Comment for "Menjemput Kemuliaaan Lewat Sholat Tahajud, Kunci Kebahagiaan di Dunia dan Akhirat"