fbpx

6 Bantuan Sosial Tunjangan Kesejahteraan di Bulan Ramadan, buruan daftar!

Advertisements

Penyaluran tunjangan kesejahteraan atau tunjangan sosial selama bulan Ramadan tentu sangat diharapkan oleh masyarakat yang terdaftar sebagai penerima.

Banyak warga yang benar-benar membutuhkan bentuan tersebut dan mengutip informasi dari situs banjarmasin.tribunnews, ada beberapa tunjangan sosial yang akan disalurkan sepanjang bulan puasa Ramadan 2023 hingga menjelang lebaran.

Dikutip dari laman tersebut, terdapat 6 kesejahteraan sosial yang akan dikucurkan meliputi PKH, BPNT, bantuan fakir miskin ekstrim, kesejahteraan pangan, kesejahteraan BKKBN dan kesejahteraan BPJS. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat penjelasan berikut ini:

6 tunjangan sosial yang dibayarkan pada bulan Ramadhan 2023.

Berikut adalah sejumlah manfaat yang dapat diberikan oleh tunjangan sosial selama bulan Ramadhan:

  • Memberikan bantuan untuk meringankan beban kebutuhan pokok
  • Membantu meningkatkan daya beli
  • Penguatan kesetiakawanan sosial
  • Mereduksi kesenjangan sosial

Merujuk pada channel YouTube Info Bansos-PKH Reportase, keenam bantuan sosial yang akan dibayarkan pada bulan Ramadhan 2023 antara lain sebagai berikut:

1. PKH (Program Keluarga Harapan)

PKH Tahap 1 diberikan pada bulan Januari, Februari, dan Maret 2023. Masyarakat yang mendapatkan bantuan sosial ini selama bulan Ramadhan berasal dari PKH yang didistribusikan oleh BTN.

Sayangnya, pada tahun ini BTN tak bermitra dengan pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial ini, maka penyaluran akan disalurkan melalui kantor pos.

2. Bantuan sembako dari BPNT

Bantuan sosial atau program pangan dari BPNT senilai Rp 600 ribu juga akan diberikan selama bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri.
Akan tetapi, jadwal pastinya belum dapat dipastikan karena masih menantikan informasi lebih lanjut dari pihak Kantor Pos.

Baca Juga  Bio yang bagus untuk IG

3. Bantuan Sosial PBI BPJS Kesehatan

Bansos untuk penerima bantuan iuran (PBI) peserta BPJS KIS dalam bentuk uang tunai dari pemerintah juga akan dibayarkan pada bulan puasa hingga lebaran tahun ini, khusus untuk penyaluran bulan April.

Jenis bantuan sosial ini akan diterima oleh 100 juta KMP yang didistribusikan di seluruh Indonesia, bantuan sosial ini nantinya tidak dapat dibayarkan dalam bentuk uang melainkan dalam wujud layanan kesehataan secara cuma-cuma.

4. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Miskin Ekstrim

Sebelumnya BLT Miskin Ekstrem adalah bantuan dana desa yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim.

Bansos ini dikhususkan untuk KPM yang masuk dalam P2KE, yaitu program penanggulangan kemiskinan ekstrim.

Besaran bantuan yang akan diterima KPM dari skema ini adalah Rp300.000 yang dicairkan setiap bulan atau setiap tiga bulan sekali.

5. Bantuan pangan untuk bulan Ramadhan selama 3 bulan

Bantuan sosial ini diarahkan pemerintah untuk menekan laju inflasi yang terjadi akibat kenaikan harga pasar selama bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri.

KPM yang terdaftar sebagai penerima bantuan pangan ini akan mendapatkan bantuan berupa beras sebanyak 10 kilogram yang akan disalurkan secara door-to-door atau melalui posko.

Bansos ini akan diberikan selama tiga bulan, yaitu Maret, April dan Mei, namun sejauh ini belum ada kepastian apakah akan diberikan per bulan atau secara kolektif.

6. Bantuan pangan dari BKKBN

Bentuk bantuan sosial berupa telur dan ayam ini nantinya akan diserahkan kepada 2,1 juta KMP yang masih memiliki balita atau anak yang mempunyai potensi stunting berdasarkan data dari BKKBN.

Dalam menyediakan komoditas yang akan dibagikan, pemerintah bekerja sama dengan ID Food yang merupakan salah satu badan usaha milik negara yang bergerak di bidang pangan.

Baca Juga  Mencetak Tenaga Kerja Terampil Melalui Pelatihan Kerja

Demikian informasi terkait enam tunjangan kesejahteraan yang akan disalurkan pada bulan Ramadan hingga Lebaran 2023. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment